Home » , , » FILM 3 IDIOTS (2009)

FILM 3 IDIOTS (2009)



Three Idiots adalah film Bollywood yang disutradarai Vidhu Vinod Chopra. Jalan cerita film ini ditulis oleh Rajkumar Hirani. Pemeran di film ini diperankan oleh Aamir Khan (Ranchoddas Shamaldas Chanchad (Rancho)/Phunsukh 'Chotte' wangdu), R. Madhavan (Farhan Qureshi/Narator), Sharman Joshi (Raju Rastogi), Kareena Kapoor (Pia Sahastrebuddhe), dan Boman Irani (Viru Sahastrebuddhe [ViruS]) dan film ini dirilis pada 25 Desember 2009. Film ini diangkat dari novel Five Point Someone yang ditulis oleh Chetan Bhagat. 

Film ini menceritakan tentang 3 Idiots berkisah tentang 3 mahasiswa teknik mesin disuatu universitas terbaik di India, mereka adalah Farhan, Raju dan Rancho, dan mereka tinggal 1 kamar. Mereka memiliki latar belakang dan kisah yang berbeda untuk dapat masuk ke universitas tersebut. Farhan yang selalu berada di peringkat akhir, karena sebenarnya Farhan lebih mencintai fotografi. Namun karena keinginan ayahnya, dia tetap menjalankan kuliah tekniknya. 

Raju, mahasiswa yang lahir di keluarga yang miskin. Ayahnya terkena stroke sehingga setengah tubuhnya lumpuh, ibunya seorang pensiunan guru yang sisa hidup dan seluruh gajinya mengurus suaminya, dan kakaknya perawan tua karena orang tuanya tidak mampu memberikan mas kawin untuk pengantin pria. 

Rancho, mahasiswa yang memiliki pola pikir berbeda tentang kuliah. Ketika teman-temannya yang lain berlomba-lomba mendapat nilai terbaik dan ijazah kuliah, Rancho kuliah murni untuk mendapatkan ilmu. Alhasil Rancho sering dikeluarkan dari kelas karena pernyataannya yang kontroversi dengan cara pikir orang pada umumnya. 

ViruS adalah rektor yang kolot, keras kepala dan tidak punya belas kasihan sehingga ditakuti dan menjadi musuh bagi para mahasiswa. “Hidup adalah sebuah perlombaan, jika Anda tidak cukup cepat, maka Anda akan diinjak-injak” pesannya kepada setiap mahasiswa barunya. 

Ada juga Chatur, yang sombong dan selalu ingin menjadi no 1, sehingga menghalalkan segala cara untuk menjadi yang terbaik. Tidak dapat berbahasa India dengan baik. Suatu kali dia dipermalukan di depan umum karena ulah Rancho, sehingga dia menantang Rancho, Raju dan Farhan bahwa 10 tahun kedepan dia akan menjadi yang paling sukses.

Cerita bermula ketika Chatur menghubungi Farhan dan Raju bahwa dia menemukan Rancho, sahabat mereka yang lost contact setelah kelulusan mereka. Chatur berbohong, dia menghubungi Farhan dan Raju karena ingin memamerkan kekayaannya karena Chatur lebih sukses dari mereka berdua. Tidak ada yang mengetahui nasib Rancho. 

Mereka bertiga akhirnya mencari keberadaan Rancho dan menemukan rumah Rancho yang mewah disuatu bukit. Namun ternyata Rancho yang mereka temui bukanlah Rancho teman mereka semasa kuliah. Sejauh ini Chatur merasa menang, padahal dia tidak tahu ada hal luar biasa yang akan dia lihat. Mereka bertiga kembali melacak keberadaan Rancho yang sebenarnya.

Bagi saya ini adalah film India terbaik yang pernah saya tonton. Film ini kaya akan pesan moral khususnya dalam bidang pendidikan, karena problem yang dihadapi hampir sama dengan kenyataan yang digambarkan dalam film. Seperti nasi kuning komplit kesukaan saya, sang sutradara, Rajkumar Hirani menata alur film ini dengan baik. Ada keceriaan disetiap tingkah konyol Rancho dan kawan-kawannya, ada kisah persahabatan yang mengharukan, ada kisah romantis, dan tentunya banyak pelajaran yang dipetik dari kisah ini. 

Menonton film ini membuat saya lupa waktu dan tidak terasa 3 jam sudah berlalu. Jangan lupa sediakan tisue karena ada beberapa adegan yang akan membuat anda terhanyut dalam kisahnya. Anda akan dibawa bolak-balik pada kisah masa kuliah mereka dan kisah masa kini, jadi jangan bingung bila alurnya maju mundur. Secara keseluruhan, saya tidak merasa rugi ketika meluangan waktu 3 jam untuk menonton film ini. 

Download filemnya disini !
Download Subtitlenya disini !


Share this article :
 
Copyright © 2015 KEANZIK MOVIE